July 1, 2012

Bagaimana Teknologi dan Kemudahan Bertransaksi Mampu Mewujudkan Mimpi - "Berbagi Cerita Bersama BCA"

1 July 2012
11.25 AM




Kisah saya dengan "BCA" dimulai sedari kecil. Orangtua saya sejak dahulu telah menabung di  Bank BCA hingga sekarang. Bahkan saking lamanya menabung di BCA, keluarga kami sering mendapatkan hadiah-hadiah dari Gebyar BCA loh! Saya masih ingat sekali, waktu itu saya baru masuk kelas 2 SD. Hadiah yang pertama kali kami dapat adalah motor. Betapa senangnya keluarga kami ketika itu, karena pada saat itu kami memang belum berkecukupan. Papa dan Mama baru 4 tahun tinggal di Jakarta, jadi pada saat itu masih berjuang memapankan diri. Dengan adanya motor dari BCA, memudahkan Papa untuk pergi bekerja tanpa harus mencicil motor lagi. Papa dan Mama lalu juga membuatkan saya dan adik saya tabungan di BCA. Tanpa disangka, nama adik saya keluar lagi sebagai pemenang di Gebyar BCA. Dia mendapatkan kulkas satu pintu (yang sampai sekarang masih kami pakai karena masih berfungsi dengan baik). Betapa kagetnya keluarga saya, karena adik saya pada saat itu baru berumur 5 tahun, tapi berhasil memenangkan hadiah dari BCA. Hehehe.. :D

Sekali lagi, BCA memberikan kebahagiaan bagi kami adalah pada tahun 2009 dimana lagi-lagi keluarga kami memenangkan TV LCD dari BCA. Pada saat itu, TV LCD sedang booming. Banyak teman keluarga yang menganti TV mereka ke LCD. Keluarga kami memang kepingin punya TV LCD, tetapi karena pada saat itu TV kami masih bagus, kami tidak terlalu memikirkannya. Suatu hari tiba-tiba ada telepon dari BCA yang mencari Papa saya. Saya yang menerima telepon, karena Papa masih di luar kota. Ketika mendengar Papa memenangkan TV LCD awalnya keluarga kami tidak terlalu percaya, karena banyak penipuan yang mengatasnamakan hadiah dari perusahaan-perusahaan tertentu. Begitu Papa pulang dari luar kota dan mengecek sendiri ke BCA, ternyata memang mendapatkan hadiah tersebut. Waaaaaaaaaahhhh!! Kami sekeluarga sungguh senang, terutama saya dan adik saya. Hehehe.

Selain hadiah-hadiah yang kami dapat selama menabung dari BCA, pengalaman BCA saya lainnya adalah ketika membuka rekening pertama saya di BCA ketika saya mulai kuliah. Demi memudahkan pembayaran uang kuliah, tidak jarang banyak Universitas yang menyarankan calon mahasiswanya untuk membuka tabungan di Bank agar memudahkan proses pembayaran uang kuliah melalui Auto Debet. Saya tentu saja senang dan bersemangat karena pertama kalinya membuka tabungan di BCA. Tetapi dengan membuka tabungan di BCA bukan berarti saya bisa semena-mena memakai uang. Papa saya selalu menyuruh saya menabung uang tabungan saya. Kalaupun saya menggunakan uang di tabungan, tidak boleh memakai uang sampai melebihi batas yang dia tentukan. Saya tentu tidak berani membantah. Nanti malah tidak dikasih uang jajan lagi. Hehehe. Saya pun belajar mengelola dengan menggunakan uang jajan yang diberikan Papa, yang memang lebih dari cukup.

Photobucket
Kartu-kartu BCA yang saya miliki. -^.^-

Begitu memiliki tabungan yang cukup, saya pun memulai usaha Online Shop kecil-kecilan. Online Shop pada saat itu memang mulai menjamur, disebabkan oleh pengaruh teknologi internet dan sosial media lainnya. Saya sangat merasa terbantu dengan adanya kemudahan transaksi dari BCA karena dengan memiliki rekening BCA, memudahkan saya melakukan transaksi jual beli yang saya butuhkan dalam menjalankan Online Shop. Baik untuk menerima pembayaran dari customer maupun membayar supplier dari barang dagangan saya. Fakta bahwa, rata-rata customer dan supplier saya menggunakan bank BCA membuktikan bahwa saya dan keluarga saya tidak salah dalam memilih bank. Sungguh kemudahan yang diberikan oleh BCA selalu sejalan dengan teknologi, karena bila ingin mengecek histori transaksi, atau bertransaksi langsung, saya tidak perlu keluar lagi dari rumah. Saya bisa menggunakan KlikBCA atau M-Banking dari HP.

Setelah yakin saya dan adik saya mampu mengontrol keuangan kami dengan baik, maka saya dan adik saya pun diberi kepercayaan menggunakan kartu kredit. Pada waktu itu, kartu kredit BCA sedang mengadakan promo buy 1 get 1 untuk menonton film di bioskop 21. Saya dan adik saya yang memang hobi menonton tentu merasa lebih terbantu karena memberikan kemudahan dan keuntungan apabila menggunakan kartu kredit tersebut. Bahkan kami pernah menonton film Batman dengan hanya mengeluarkan Rp 1,- berkat promo kartu kredit BCA. Akhirnya Papa memutuskan tidak ada salahnya memberikan kartu kredit buat kami yang merupakan kartu tambahan dari kartunya. Kartu kami juga di beri limit sehingga meskipun kami bebas menggunakannya, kami tidak akan memakai kartu melebihi limit yang ditentukan Papa.

Kartu kredit BCA ternyata lebih memberikan kebebasan transaksi lagi. Bayangkan kali ini kami sekeluarga tidak perlu repot mengantri apabila ingin membayar tagihan PLN, PAM, telepon atau internet. Semua bisa langsung autopay dengan menggunakan kartu kredit.

Photobucket

Selain itu, sejalan dengan perkembangan teknologi dan internet, kini apabila ingin memesan tiket untuk ke luar kota, kami bisa mencari sendiri dari rumah tiket murah meriah dari maskapai low cost, lalu melakukan transaksi sendiri secara langsung.

Photobucket

Begitu juga ketika ingin membeli barang di luar negri. Saya tinggal membuka website, memilih barang, memilih transaksi pembayaran dengan kartu kredit Visa, selesai. Tinggal menunggu barang sampai ke tangan saya dengan selamat. ^^

Photobucket

Selama bertahun-tahun BCA tidak pernah mengecewakan keluarga kami dalam hal keuangan. Baik dalam menyimpan uang, mengelola keuangan, maupun memudahkan transaksi kami. Sekarang impian saya adalah, setelah saya lulus dan memperoleh pekerjaan, saya ingin mampu mengelola keuangan saya sendiri. Saya ingin menghasilkan uang saya sendiri, menyimpan uang saya sendiri, dan mengelola uang saya sendiri. Saya ingin memiliki kartu kredit saya sendiri, tanpa bergantung lagi dengan kartu tambahan dari Papa, yang meskipun saya bebas menggunakannya, tetapi pembayarannya masih bergantung pada Papa. Apabila saya telah merasa mampu memiliki kartu kredit sendiri, pada saat tersebut berarti keadaan finansial saya cukup bagus. Karena saya tidak ingin memiliki kartu kredit apabila saya tahu saya tidak mampu membayar tagihan-tagihan tersebut.

Selain itu, saya ingin menabung dari penghasilan saya agar saya mampu mewujudkan impian saya jalan-jalan ke Jepang, memiliki rumah impian saya sendiri (tipe minimalis dengan banyak jendela, 3 lantai, 3+1 kamar tidur, 3 kamar mandi, walk-in closet, lemari sepatu pribadi ^^ LOL), memiliki kendaraan saya pribadi (Mini Cooper), dan hidup berkecukupan bersama keluarga saya di masa depan. Semua ini saya yakin mampu saya dapatkan selama saya rajin menabung di Bank BCA. Baru-baru ini, BCA baru saja memiliki website sendiri, dimana terdapat banyak informasi berguna di bidang perbankan. Apabila ingin tahu apa saja yang ditawarkan BCA, tetapi malas ke bank, dapat langsung mengecek ke website mereka di www.bca.co.id.


*L

No comments:

Post a Comment